Thursday, June 27, 2013

Cara Memilih Usb Modem untuk Laptop




Cara Memilih Usb Modem untuk Laptop. Usb Modem digunakan agar laptop atau komputer dapat mengakses Internet. Sekarang ini usb modem sudah menjadi pilihan berbagai kalangan untuk mengakses internet dari laptop atau dari computer yang mereka gunakan. Nah ada beberapa jenis modem yang saat ini banyak tersedia dipasaran. Akan tetapi yang paling banyak digunakan yaitu jenis modem USB, lalu bagaimana cara memilih modem yang baik dan cocok untuk digunakan pada computer atau laptop anda?

Untuk USB Modem ini terdapat dua jenis modem USB, yang pertama adalah GSM dan yang kedua adalah CDMA. Modem GSM hanya dapat digunakan untuk operator GSM saja, contohnya seperti ( Telkomsel, Indosat, Axis, 3 dan ProXL ). Kemudian untuk modem CDMA juga hanya dapat digunakan untuk operator CDMA seperti, Smartfren, Flexi, Esia, dan Star one.


Dibawah ini adalah Bagaimana Cara Memilih Usb Modem untuk Laptop:
  • Pilih GSM atau CDMA. Pilih modem yang murah harganya, tetapi bukan berarti murahan. Modem yang berkualitas baik seharusnya bisa menerima signal GSM dengan baik tanpa terputus-putus. Perhatikan software modemnya juga berkualitas. Driver yang disertakan pada modem tersebut harus support untuk OS Windows XP dan OS Windows Vista. Penginstalan tidak rumit dan cepat terdeteksi oleh komputer bila di cabut-pasang.
  • Kecepatan Akses Perhatikan kecepatan maksimal yang ditawarkan modem yang akan dibeli, pilih HSDPA untuk GSM dan EVDO untuk CDMA. Semakin tinggi maka semakin bagus.
  • Perhatikan budget yang sudah agan siapkan jika budget agan paspasan mending agan pilih modem built-in (bawaan)/lock. Tapi jika agan punya budget lebih, sebaiknya pilih modem unlock/bukan bawaan operator.
  • Garansi Modem. Jangan lupa dengan Garansi Modem. Beberapa toko penjual modem tidak memberikan garansi, jadi pilihlah toko yang memberikan garansi terhadap modem yang anda beli. Umumnya modem ada yang bergaransi 6 Bulan s.d 1 tahun.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan. Selain budget, agan juga harus tahu kebutuhan internet sehari-hari. misal jika agan online lebih dari 2 jam tentu butuh performa modem yang baik, pilih modem yang tidak cepat panas agar tidak mempengaruhi kecepatan akses internet agan.
  • Merk yang sudah terkenal. Memilih modem dengan merk yang sudah cukup terkenal. selain karna faktor kualitas, hargan pun tetap bersaing
  • Fitur Lengkap. Agar maksimal, sebaiknya pilih USB modem yang memiliki fitur yang berlimpah bisa untuk SMS atau Telepon.
  • Jangan Tergiur dengan obral Murah. Meskipun harga murah belum tentu jelek sebenarnya, meski tidak bisa dipungkiri kalau harganya terlalu murah artinya kulitasnya tidak bisa terjamin. jika agan tertarik membeli modem obral murah, setidaknya agan tanya dulu spesifikasi moden dan kulitasnya.
  • Bisa untuk Semua Sistem Operasi. Pastikan modem yang agan incar dapat digunakan untuk semua jenis Sistem Opersai seperti, Windows, Mac OS, Linux), agar lebih mudah dalam penggunaannya.
  • Plug an Play. Artinya untuk menggunakan modem tersebut, agan hanya perlu menancapkan modem tersebut ke port USB pada PC, nanti proses penginstalan akan berjalan secara otomatis.
  • Software Modem. Semua modem dilengkapi dengan software untuk mengkonfigurasikan setting internet anda. Beberapa software modem memiliki settingan internet yang lengkap. Beberapa ada juga yang settingannya tidak dapat dimodifikasi lagi (Modem Locked). Pilihlah modem yang settingannya mudah dan tidak terlock oleh provider internet tertentu. Bila anda membeli modem yang ter-lock maka anda tidak dapat mengonta-ganti SIM-Card yang lain. Modem jenis ini biasanya modem yang ter-paket dengan salah satu provider internet
Itulah posting kali ini, mengenai bagaimana cara memilih usb modem yang baik untuk perangkat komputer atau laptop. Semoga saja bermanfaat dan bisa membantu.