Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Memindahkan Hardisk Supaya tidak Bluescreen


Cara memindahkan Hardisk supaya tidak Bluescreen. Mungkin anda pernah mengalami hal ini, yaitu ketika ingin memindahkan hardisk ke komputer lain yang terjadi ketika komputer dihidupkan malah bluescreen. Ini memang sering terjadi, kebanyakan disebabkan mainboard yang digunakan tidak sama, sehingga terjadi error karena ada beberapa perangkat lunak yang memang tidak support dengan mainboard yang baru.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi hal ini, supaya ketika hardisk di pindahkan ke komputer lain bisa berjalan dengan baik dan tidak mengalami error ataupun bluescreen. Cara memindahkan hardisk tanpa install ulang ini kelebihannya adalah menghemat waktu, karena instal ulang system operasi komputer lengkap dengan program yang dibutuhkan, tentu saja sanagat membutuhkan waktu yang tidak sedikit.



Cara Memindahkan Hardisk Supaya Tidak Bluescreen

  • Pertama anda klik START - Control Panel - System - Devices Manager
  • Kemudian Double klik pada IDE ATA/ATAPI controllers, kemudian klik Update Driver 
  • Anda akan melihat primary, secondary, serta jenis chipset mainboard, seperti SIS, Intel, VIA, dsb. Nah driver chipset inilah yang perlu anda rubah agar menjadi driver standart default windows. Apabila terdapat dua driver chipset, maka yang harus dilakukan adalah mengganti kedua dengan driver tersebut menjadi standart windows.
 
Cara Memindahkan Hardisk Supaya tidak Bluescreen

  • Kemudian pada halaman update pilih "Located and install driver software manually" pilih dimana letak drivernya, defaultnya biasa ada di Windows - System32- Driver.


Cara Memindahkan Hardisk Supaya tidak Bluescreen


  • Lalu pilih seperti pada gambar 3 dan klik Next


Cara Memindahkan Hardisk Supaya tidak Bluescreen

  • Pilih seperti terlihat pada gambar 4 dan klik lagi Next.

Cara Memindahkan Hardisk Supaya tidak Bluescreen


  • Sekarang driver sudah kembali ke setting default Windows.

Cara Memindahkan Hardisk Supaya tidak Bluescreen


Langkah berikutnya silahkan lakukan cek ulang, dan apabila ada driver yang belum standart, anda rubah menjadi standart default windows. Setelah itu Anda bisa mencoba dengan memasang Hard Disk tersebut ke PC yang lain.

Demikian topik saya pada kesempatan ini, dalam membahas tentang bagaimana cara memindahkan hardisk supaya tidak terjadi bluescreen saat hardisk tersebut di pindahkan atau dipasangkan dengan mainboard yang berbeda. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu sahabat semua. Baca juga artikel mengenai cara memilih usb.


Back To Top