Belajar Komputer, Software, dan Android

Tips Perawatan Komputer


Tips Perawatan Komputer. Bagi anda yang bekerja dengan perangkat komputer, tentu saja tidak mengharapkan pada saat akan digunakan komputer malah rusak atau mengalami hang. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya anda harus sangat memperhatikan cara perawatan komputer.  Sepertinya kebiasaan malas untuk merawat dan membersihkan komputer ini merupakan hal yang selalu menjadi faktor utama mudah rusaknya perangkat komputer.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan kenapa perawatan ini sangat perlu untuk dilakukan secara rutin, karena jika tidak maka kinerja komputer akan menurun atau pada saat digunakan menjadi lambat, hal demikian itu tentu saja akan membuat kita tidak nyaman saat menggunakannya. Jika anda mau dengan rutin melakukan perawatan, maka dengan begitu berarti anda juga sudah menghemat biaya serpis.

Selain itu juga dengan perawatan rutin pada perangkat komputer, dapat mengindari resiko komputer mudah rusak. Untuk itu lakukanlah perawatan seperti pada komponennya dengan cara membersihkan bagian-bagian dalam komputer dari debu. Sebab apabila komponen tersebut kotor tertutup debu tentu sangat berpengaruh pada kestabilan kinerja komputer. Permasalahan lainnya bisa anda rasakan juga pada sistem operasi apakah itu berupa peringatan hardware yang tidak terdeteksi atau cpu yang menjadi sangat panas karena kinerja pendingin dan kipas tidak berjalan baik tetutup oleh debu.

Tips Perawatan Komputer

Untuk melakukan perawatan ini sebaiknya ada beberapa alat yang harus anda persiapkan diantaranya sebagai berikut:

  1. Obeng. Obeng diperlukan untuk membuka dan melepas komponen dalam komputer seperti baut. 
  2. Tang. Jenis tang yang sering digunakan untuk perawatan komputer diantaranya adalah tang cucut atau tang kombinasi. Tang cucut digunakan untuk memegang kepala skrup juga jumper yang sangat kecil yang sulit dipegang tangan. Sementara tang kombinasi dipakai untuk memotong kabel. 
  3. Kuas. Kuas penting untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada komponen-komponen seperti keyboard, motherboard dimana debu banyak terselip pada sela-sela tombol keyboard atau motherboard. 
  4. Kain Kering atau Tisu. Kain kering atau tisu dipakai untuk membersihkan kotoran yang berupa cairan seperti dari percikan air minuman maupun tinta. Cairan seperti ini akan sangat berbahaya jika tidak dibersihkan sebab dapat mengakibatkan terjadinya konslet pada komponen. 
  5. Cairan Pembersih. Cairan pembersih ini dipakai untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah kering dan melekat lama pada layar monitor juga pada case. 
  6. Penyedot Debu Mini. Penyedot debu mini ini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Dengan menggunakan penyedot debu tentu pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih bersih dalam menghilangkan debu atau kotoran. Selain itu pada ujung penyedot mini sudah dilengkapi sikat dengan ukuran beragam yang dapat disesuaikan pada luas sempit atau celah-celah  komponen. 
  7. CD Cleaner. CD Cleaner berfungsi untuk memebersihkan Head CD Drive atau lensa caranya yaitu dengan menggosoknya pada bagian berdebu atau kotor.

Beberapa komponen penting pada komputer yang sebaiknya harus secara rutin anda rawat adalah sebagai berikut :
  • Keyboard. Debu dan kotoran dapat masuk dan megendap pada sela-sela tombol keyboard. Lama kelamaan debu akan semakin banyak dan mengeras sehingga dapat mengganggu kenyamanan anda dalam menekan tombol dan bahkan tombol keybard akan macet dan keras jika ditekan. Kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi pada keyboard.
  • Monitor. Debu dan kotoran pada monitor dapat membuat layar buram dan jika debu yang menempel pada layar moinitor di bersihkan dengan cara yang salah dapat menggores kaca monitornya. Tidak hanya di layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada casing monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Selain itu, kotoran cair yang masuk ke dalam monitor juga dapat menyebabkan kerusakan.
  • Fan atau Kipas Komputer. Debu pada fan sangat sering dijumpai jika komponen komputer terletak di tempat atau ruang terbuka dan banyak debu. Debu ini dapat menghambat putaran fan karena menempel pada poros dari fan tersebut. Jika debu ini juga menemempel pada fan processor dapat menghambat fan tersebut berputar sehingga processor menjadi cepat panas.
  • Mouse. Mouse merupakan komponen yang paling rawan terhadap debu, terutama mouse yang masih menggunakan bola. Mouse bersentuhan langsung dengan alas (mousepad) di mana alas tersebut merupakan suber debu. Jika telah benyak debu yang menempel pada mouse, maka gerakan bola tidak akan normal, dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat-loncat ataupun terasa sangat lambat.
  • Motherboard. Merupakan komponen utama yang harus dibersihkan, serta dirawat untuk meningkatkan kinerja komputer. Debu yang menempel pada motherboard bisa menghambat arus listrik yang mengalir pada IC dan komponen lain. Selain itu juga debu ini dapat menyimpan muatan listrik yang sehingga dapat menimbulkan berkurangnya pasokan listrik dari power supply, dan tentunya hal itu dapat menghambat kinerja resistor ataupun kapasitor yang berfungsi mengatur besar kecilnya arus di dalam motherboard.

Demikianlah tips perawatan komputer yang harus dilakukan secara rutin, minimal dilakukan paling tidak tiga bulan sekali. Tetapi jika anda berada didaerah yang mudah berdebu, bisa saja proses perawatan ini dilakukan satu atau dua bulan sekali. Semoga membantu dan bermanfaat.


Back To Top