Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Membuat Signal Antena TV Lebih Jernih


Cara membuat Signal Antena TV lebih jernih. Mungkin banyak dari sahabat yang punya masalah pada signal TV di rumah dan menginginkan bagaimana caranya agar signal antena TV Tunner atau Tv di rumah anda itu bisa lebih jernih. Apalagi yang kebetulan lokasi rumah letaknya berada cukup jauh dari pemancar seperti yang rumahnya di daerah pegunungan ataupun sekitar lembah.

Berikut ini saya ada tips bagi anda untuk mengatasi agar signal TV menjadi lebih jernih. Caranya adalah dengan membuat antena rakitan sendiri. Tetapi anda tidak perlu khawatir, sebab bahan-bahan yang siperlukan untuk membuat antena TV agar lebih jernih ini tergolong sangat sederhana dan cukup praktis serta tidak memerlukan dana yang besar. Kita akan membuatnya dari bahan seng. Agar signal bisa tertangkap oleh antena dengan baik, maka perlu penyesuaian yang tepat dalam membuat reflektor dan juga drivernya supaya sesuai dan bisa menerima signal seprti berikut ini dengan baik. Lihat gambar gambar penjelas berikut ini.


cara-membuat-signal-antena-agar-signal-tv-jernih


Cara Membuat  Antena TV Agar Dapat Menerima Signal Dengan Baik 



Supaya antena dapat menerima signal-signal dengan frekuensi seperti pada gambar di atas tersebut dengan baik, maka dibutuhkan penyesuaian pada reflektor dan juga pada driver antena yang akan kita buat. Caranya ikuti langkah berikut ini. Persiapkan bahan-bahan utama seperti seng, kayu, paku, alumunium poil bila perlu. Kemudian potong seng serta kayu sesuai ukuran seperti dibawah ini. Lihat gambar.


cara-membuat-signal-antena-agar-signal-tv-jernih
Gambar Driver Antena


Buatlah sesuai dengan ukuran seperti yang terlihat pada gambar driver antena. Selanjutnya buatlah reflektor yang juga harus sesuai dan tepat. Lihat gambar dibawah ini.


cara-membuat-agar-signal-antena-tv-jernih


Untuk kayu buatlah dengan ukuran tinggi 11 cm. Bentuknya bisa dibuat persegi ataupun kotak seperti pada gambar. Gunakan paku untuk menempelkan seng reflektor juga driver pada kayu. Sementara untuk kabel antena, kabel pertama anda hubungkan dengan driver sebelah kanan, lalu kabel antena kedua yang berupa serabut anda hubungkan ke seng driver yang satunya lagi, di bulak balik posisinya juga bisa. Nanti bentuk jadinya kurang lebih akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


cara-membuat-agar-signal-antena-tv-jernih


Untuk menempelkan antena pada tiang bisa menggunakan paralon yang dipaku pada bagian belakang reflektor, atau bisa juga reflektor ditempelkan langsung pada tembok dinding jika ingin memasangnya di dalam ruangan. 


cara-membuat-agar-signal-antena-tv-jernih



Demikian bagaimana cara membuat antena rakitan sendiri, agar signal yang diterima oleh antena TV Tunner ataupun untuk Tv biasa di rumah anda bisa menjadi lebih jernih. Adapun penambahan Alumunium poil yang digunakan adalah untuk lebih memperkuat penerimaan signal serta untuk menghindari antena dari cuaca buruk. Diharapkan tulisan ini bisa membantu anda yang mempunyai masalah dengan signal TV yang kurang bagus.


10 Komentar untuk " Cara Membuat Signal Antena TV Lebih Jernih "

Tapi kalo ditaruh didalam ruangan dalam keadaan tertutup tetep jernih nggak?

@Aldo Ruben, untuk daerah yang terlalu jauh ke pemancar mungkin agak kurang bagus sebaiknya di letakan diluar saja.

Cara nempel alumunium poilx gimna? Koq bisa rapi?

@Wayan Setiawan, kalo ingin lebih rapih bisa saja pake lem gan.

Itu yg kotak alumunium poil pake apa?kayu?

@Agung Kurniawan, soal tingginya itu tergantung kekuatan signal di lokasi gan. Kalo cukup baik, di taruh di atap rumah juga bisa.

gan ini bisa tidak klo di sambungin kabelnya lewat antena out door tv ?makasih wassallam

aluminium poil itu apa sih??yang mana?

@Cahaya Overkill, alumunium poil itu semacam kertas yang mengandung alumunium. Biasa digunakan untuk packing makanan ringan. Banyak juga digunakan dalam bungkus rokok. Tetapiuntuk antena ini bisa beli khusus di toko elektronik gan.

Back To Top