Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Membuat Antena Penguat Signal Modem GSM CDMA


Cara membuat antena penguat signal modem GSM CDMA. Cukup lama saya tidak posting di blog belajar komputer ini karena sangat sibuk dengan pekerjaan. Topik kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana cara memperkuat signal modem gsm ataupun cdma. Cara yang akan saya jelaskan sebetulnya bisa juga digunakan untuk semua type modem, karena pada dasarnya struktur setiap modem memiliki banyak kesamaan hanya saja berbeda merk, type dan model.

Untuk percobaan ini saya menggunakan modem gsm telkomsel flash. Dari hasil test yang dilakukan hasilnya sangat memuaskan. Awalnya ketika modem gsm telkomsel flash langsung dicolokan ke komputer signal 3G atau HSDPA hanya satu garis, itupun terkadang sesekali hilang. Mungkin kebetulan karena letak rumah berada di daerah pegunungan dimana signal 3G maupun HSDPA kurang begitu stabil.

Untuk mengatasi signal modem gsm yang lemah itu sayas mencoba dengan cara sederhana dengan menggunakan alat-alat yang sangat sederhana pula, tetapi hasilnya sangat memuaskan. Dari signal yang awalnya hanya satu garis, setelah dimodifikasi dengan antena buatan sendiri ternyata signal HSDPA menjadi Full.

Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat antena tersebut? Saya akan jelaskan secara rinci berikut ini.

  1. Siapkan botol kaleng bekas minuman ringan yang terbuat dari aluminium poil
  2. Siapkan juga kabel penghubung modem dan komputer ukuran 1.5 meter, anda bisa membelinya di toko peralatan komputer.
  3. Bila ada modem bekas speedy yang tidak lagi dipakai untuk diambil antenanya, kalo tidak punya anda bisa menggantinya dengan kabel ukuran kecil dengan panjang cukup 3 atau 4 cm.
  4. Solder
  5. Lakban, Double tip atau perekat sejenis.

antena-modem
Kabel 1.5m & Modem
Buka Modem gunakan obeng untuk membuka bautnya dengan hati-hati. Perhatikan gambar tanda panah dan bagian yang dilingkari, itu adalah bagian tanda penerima signal yang ada pada pcb modem.

antena-modem1

Solder bagian Antena yang didapatkan dari modem speedy yang sudah tidak terpakai lihat gambar antena yang dicabut dari modem bekas speedy. Gunakan solder untuk menyatukan bagian antena kabel dengan penerima signal pada modem. Setelah terhubung tutuplah dengan lakban atau perekat sejenisnya.

Antena dari bekas modem speedy


antena-modem
Solder kabel antena dengan penerima signal pada Modem

Setelah proses diatas tadi selesai, lalu tutup kembali dan baut kembali modem dengan rapi seperti gambar dibawah.

antena-modem

Kemudian saatnya menyiapkan botol kaleng dari bekas minuman. Buat lobang sebesar ukuran modem pada botol kaleng tersebut. Nantinya modem dimasukan ke dalam lobang kaleng tersebut. Dimana fungsi kaleng yang terbuat dari aluminium poil ini akan bekerja sebagai Antena penguat dan penerima signal.

Masukan modem kedalam kaleng yang telah diberi lobang, dan jangan lupa antena kabel yang tadi di solder dengan modem pada bagian kabel yang keluar satukan dengan kaleng, anda bisa menggunakan double tip untuk merekatkan kabel antena modem dengan kaleng.

antena-modem-gsm-cdma
Antena penguat signal modem yang sudah jadi

Screenshot Hasil Percobaan:

antena-penguat-signal-modem-gsm-cdma
Signal lemah sebelum menggunakan Antena buatan

antena-penguat-signal-modem-gsm-cdma
Signal Modem Full setelah menggunakan antena buatan

Selamat mencoba. Saatnya menyambungkan modem ke komputer dengan menggunakan kabel ukuran 1.5 m. Demikianlah sharing pengalaman saya kali ini mengenai bagaimana cara memperkuat signal modem GSM atau CDMA. Semoga membantu dan bermanfaat.


1 Komentar untuk " Cara Membuat Antena Penguat Signal Modem GSM CDMA "

Back To Top