Cara Belajar Mengetik Dengan 10 Jari Biar Cepat

Cara belajar mengetik dengan 10 jari biar cepat. Mengetik merupakan kegiatan yang sering dilakukkan oleh mereka yang bekerja di kantoran maupun para siswa yang sedang belajar membuat tugas seperti makalah. Mengetik dengan cepat, merupakan pekerjaan yang akan lebih baik dikuasi guna menunjang dalam mempercepat tugas dan pekerjaan Anda. Mengetik dengan 10 jari akan lebih cepat jika dibandingkan hanya mengetik dengan kedua jari saja.

Jika Anda ingin belajar cepat mengetik dengan 10 jari, saya akan berbagi tips cara belajar mengetik 10 jari menggunakan bantuan sebuah aplikasi ataupun secara manual. Tetapi dalam hal belajar mengetik 10 jari ini tetap dibutuhkan keseriusan dan ketekunan untuk terus belajar. Karena dalam belajar komputer membutuhkan keseriusan dan ketekunan. Cara belajar mengetik dengan 10 jari ini sebetulnya sangat sederhana sekali, tetapi butuh waktu yang konsisten dan teratur untuk setiap harinya. Untuk memulai belajar mengetik 10 jari anda harus hafal terlebih dahulu setiap huruf dan angka yang sesuai dengan jari-jari tangan anda. Lihat seperti pada gambar berikut ini.


cara-belajar-mengetik-10-jari

Berikut Urutan Posisi Penempatan Jari


Tangan Kiri

Jari Kelingking :
Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows

Jari Manis :
Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X

Jari Tengah :
Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C

Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B

Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan

Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi

Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M

Jari Tengah :
Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,

Jari Manis :
Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .

Jari Kelingking :
Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan.


Sementara Fungsi Jempol kiri dan kanan yaitu untuk space bar.
Catatan : Pada bagian tuts F dan J Itu merupakan patokkan untuk meletakkan jari telunjuk kiri untuk F dan jari telunjuk kanan untuk J.

Cara Memulai Beraltih Mengetik Dengan 10 Jari

  • Meregangkan Jari Tangan. Sebelum memulai berlatih mengetik 10 jari regangkan jari-jari tangan. Dimaksudkan ketika anda berlatih mengetik, jari-jari tangan tidak kaku. Perhatikkan juga posisi duduk anda. 
  • Persiapkan bahan untuk berlatih. Misalnya menggunakan Program : Notepad atau Ms.Word.
  • Latihan mengetik 10 jari dengan mengetik kalimat seperti berikut :
"The Quick Brown Fox Jumps Over The Lazy Dog"
  • Buka Notepad atau MS.Word lalu mulai latihan belajar mengetik kalimat tersebut, usahakan ketik dengan 10 jari dan lakukan secara berulangkali. Apabila sudah lancar mengetikan kalimat tadi, berikutnya silahkan anda belajar mengetik 10 jari dengan kalimat berikut ini :
"Blowzy Red Vixens Fight For a Quick Jump"
  • Pada kedua kalimat di atas sudah terdapat semua abjad yang ada pada keyboard. Teruslah belajar setiap hari sampai anda bisa mengetika kedua kalimat tersebut dengan lancar menggunakan 10 jari tangan anda.

Semoga dengan terus belajar dan berlatih mengetik 10 jari setiap hari anda cepat bisa dan menguasai bagaimana cara mengetik 10 jari dengan tepat. Atau jika anda ingin belajar mengetik 10 jari dengan cara lain bisa menggunakan sebuah aplikasi keyboard untuk melatih ketepatan ketikan jari anda. Gunakan aplikasi atau software untuk belajar mengetik dengan 10 jari berikut ini, silahkan anda download terlebih dahulu kemudian install di komputer, Laptop atau Notebook anda. Silahkan anda download aplikasinya disini Download Software Mengetik 10 Jari. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang ingin belajar bisa mengetik dengan 10 jari.

Subscribe to receive free email updates: