Cara Menyembunyikan File Di Komputer

Bagaimana cara menyembunyikan file di komputer? Cara ini sebetulnya tergolong cara yang paling sederhana sekali, tetapi bagi mereka yang belum mengetahuinya memang cukup sulit. Meskipun hampir setiap hari ngoprek komputer, namun ternyata tidak semua pengguna tau cara menyembunyikan file ini.

Kenapa harus disembunyikan? Ya barangkali saja anda mempunyai data atau file di komputer yang tidak ingin dilihat atau dibuka oleh orang lain. Kalau di posting kemaren saya menulis cara tentang bagaimana melindungi file atau data dengan password, kali ini saya ingin berbagi trik hanya menyembunyikan saja. Simak berikut cara lengkapnya.

Cara Hidden File atau Data di Komputer



  • Pertama masuk ke drive di mana folder atau file yang akan anda sembunyika itu berada.
  • Lalu klik kanan pada folder atau file tersebut dan  klik "Properties" lihat gambar penjelas.


  • Nanti akan terbuka PopUp menu seperti berikut, lalu dibagian "Atributes" pastikan anda ceklis "Hidden" dan klik "Apply atau OK".


  • Maka setelah itu akan muncul lagi PopUp menu, saya lebih sarankan jika file atau data yang akan disembunyikan cukup banyak, sebaiknya simpan di dalam 1 folder saja dan pilih hanya pada "Apply change to this folder only" maksudnya hanya foldernya saja yang disembunyikan. Lalu klik OK.



  • Jika sudah maka Folder tersebut telah disembunyikan dan tidak bisa di lihat seperti folder lainnya. Untuk membuka atau melihatnya kembali saat diperlukan caranya seperti berikut. Buka tempat dimana folder yang anda sembunyikan itu berada, lalu di sebelah kanan atas menu anda klik "Organized" kemudian scroll kebawah dan klik pada "Folder and search option"


  • Nanti akan ada halaman seperti pada gambar penjelas di bawah ini, pada menu anda pilih dulu "View" lalu pada pilihan dibawahnya pastikan anda klik "Show hidden file, folder, and drivers". kemudian klik OK.



Nanti folder yang anda sembunyikan akan muncul dengan warna aga sedikit transparan. Klik untuk membuka foldernya dan semua file anda akan terlihat. Jika sudah dan ingin menyembunyikannya lagi ulangi langkah terakhir lalu pastikan anda klik pilihan " Don't show hidden file, folder, and drives ", maka folder anda akan di sembunyikan kembali. Ok sobat itulah trik bagaimana cara menyembunyikan dan membuka file atau data di komputer. Semoga membantu, terimakasih sudah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembunyikan File Di Komputer"

Post a Comment