Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Mengatasi Komputer Yang Lelet


Cara mengatasi komputer yang lelet atau lambat. Komputer setelah cukup lama digunakan biasanya kinerja komputer tersebut kadang menjadi semakin lambat atau sering disebut lelet. Apalagi jika Anda banyak menginstall program-program yang besar, atau sering digunakan untuk internetan seperti bermain game online. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab setiap Anda menggunakan Aplikasi atau program apa saja maka secara otomatis komputer Anda akan menggunakan cache, temporary, dan history. Semakin lama tempat penyimpanan tersebut akan menjadi penuh, sehingga semakin lama kinerja komputer akan menjadi semakin lambat.

Bagaimana cara mengatasi komputer yang lambat atau lelet? Banyak faktor yang sebetulnya harus Anda lakukan untuk mengatasi persoalan ini. Diantaranya yaitu harus secara berkala membersihkan komputer anda secara manual, seperti membuka case PC kemudian membersihkannya dari semua debu yang menempel terutama pada semua cooler atau kipas yang terdapat di dalam komputer Anda.
Kemudian cek semua program yang di install di PC Anda, pilih mana program-program yang jarang sekali digunakan lalu buang atau uninstall semua program yang tidak berguna tersebut sebab hanya akan mengambil sebagian dari kinerja memori.

Lakukan pembersihan seperti cache, history, temporary secara berkala. Ada software gratis yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan sangat mudah. Anda hanya perlu menginstal program itu kemudian secara rutin gunakan software tersebut untuk membersihkan Komputer Anda agar kinerjanya selalu prima dan optimal. Anda bisa mendownload softweare tersebut di alamat ini.


cara-mengatasi-komputer-leletKebanyakan kasus mengapa kinerja komputer menjadi semakin lambat, sebab disadari atau tidak terkadang Anda terlalu banyak menginstall program-program baru yang dirasa menarik, padahal sebetulnya jarang sekali digunakan. Masalah lainnya yaitu karena kemalasan, rasa malas untuk secara rutin membuka PC Anda kemudian membersihkannya dari debu-debu. Prosesor itu mempunyai cooler atau kipas pendingin supaya kinerjanya baik. Jika kipas ini terhalang oleh debu tentu CPU akan menjadi sangat panas, hal ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat kinerja komputer Anda menjadi lelet atau lambat.

Oleh sebab itu maka lakukanlah pembersihan komputer secara rutin untuk menjaga kebersihan di dalam perangkat komputer anda dari debu dan kotoran. Jika dirasa komputer semakin lelet, cobalah periksa semua kipas atau cooler yang digunakan, barangkali sudah rusak dan tidak berjalan dengan baik. Ini juga akan menyebabkan panas yang memperlambat PC Anda.




0 Komentar untuk " Cara Mengatasi Komputer Yang Lelet "

Back To Top