Belajar Komputer, Software, dan Android

Penyebab Komputer Lelet Padahal Spek Tinggi dan RAM besar


Mungkin diantara sahabat ada yang bertanya "Mengapa Komputer yang saya pake ko jadi lelet, padahal speknya udah cukup tinggi dan menggunakan RAM yang cukup Besar?" Secara teori komputer dengan spesifikasi yang sudah mumpuni seharusnya bisa bekerja cepat dan maksimal. Akan tetapi pada kenyataanya tidak selalu seperti itu. Sebab banyak sekali kendala yang bisa mempengaruhi komputer tersebut sehingga kinerjanya tetap saja terasa lambat, padahal spek sudah tinggi.

Oleh sebab itu, sebaiknya sahabat perlu mengetahui beberapa faktor yang sering menyebabkan kinerja komputer menjadi lelet atau bahkan sangat lambat. Berikut beberapa penjelasan singkat yang bisa saya uraikan mengenai penyebab komputer menjadi lelet.
komputer-lambat
  • Perlu diketahui bahwa semakin besar kinerja yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi, maka penggunaan RAM komputer oleh aplikasi tersebut akan besar juga. Misalnya RAM yang digunakan Komputer sebesar 2 GB, lalu saya membuka Photoshop yang minimal membutuhkan kapasitas RAM sebesar 512mb. Bersamaan dengan itu saya membuka CorelDraw yang juga membutuhkan minimal RAM 512. Kemudaian saya membuka lagi aplikasi seperti MSword terbaru yang membutuhkan kapasitas RAM cukup besar juga.
Nah, semakin banyak Anda membuka aplikasi secara bersamaan, maka secara otomatis kapasitas RAM yang digunakan juga akan semakin besar. Hal itulah salah satu penyebab yang bisa menjadikan kinerja komputer Anda menjadi sangat lambat.
  • Penyebab lainnya yaitu spesifikasi komputer yang digunakan belum mumpuni untuk bekerja dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang telah di update. Karena biasanya semakin tinggi versi sebuah aplikasi, maka kebutuhan ruang dan memori yang diperlukan akan semakin besar pula. Maka jika Anda memaksakan menginstall banyak aplikasi terbaru pada perangkat komputer yang masih termasuk versi lama, itu juga bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi sangat lambat.
  • Berikutnya penyebab komputer lambat atau lelet karena salah menggunakan Sistem Operasi. Khusunya bagi para pengguna Windows Operating System, Anda harus tahu bahwa Windows memiliki 2 type OS. Yaitu Windows type 32 bit dan 64 bit. Untuk komputer yang sudah dilengkapi dengan RAM 6 GB ke atas, sebaiknya gunakan type OS Windows yang 64 Bit. Sebab jika Anda menggunakan windows yang 32 bit, maka memori RAM yang 6 GB tetap hanya akan terdeteksi oleh sistim sebesar 4 GB. Sedangkan Windows type OS 64 bit bisa membaca RAM berukuran 6 hingga puluhan GB.
Itu diantaranya beberapa penyebab yang seringkali membuat kinerja komputer menjadi lelet, meskipun sudah memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Kesimpulannya, pengguna harus memahami cara mengoperasikan komputer yang baik. Jangan membuka program besar secara bersamaan. Hal penting lainnya yang butuh perhatian yaitu penyesuaian antara spesifikasi hardware dengan software. Misalnya OS Windows 10 akan menjadi sangat lambat jika dioperasikan pada hardware intel Pentium 4 dengan spesifikasi CPU 2.0 Ghz.

0 Komentar untuk " Penyebab Komputer Lelet Padahal Spek Tinggi dan RAM besar "

Back To Top