Membuat Kamera CCTV Pake HP Jadul

Bagi pemilik tempat usaha meski kecil-kecilan tetapi tentunya itu merupakan modal yang cukup berharga. Jadi tidak ada salahnya menjaga keamanan tempat usaha semaksimal mungkin. Salah satunya dengan memasang kamera keamanan atau lebih akrab disebut CCTV.

Di pasaran banyak sekali kamera khusus untuk CCTV yang bisa kita beli. Namun kali ini saya ingin berbagi tips membuat CCTV hanya dengan menggunakan HP Android jadul yang mungkin sudah jarang Anda pake.

Mengingat harga Kamera CCTV di pasaran masih relatif mahal. Mungkin ada yang bertanya, apa bisa bikin CCTV pake HP Android jadul? Jawabnya: Tentu saja bisa.

Kita manfaatkan HP android jadul yang mungkin sudah tidak digunakan lagi. Nah daripada sia-sia Cuma ditaruh di atas rak atau lemari, toh bisa kita pake buat CCTV di rumah.

kamera-cctv
Apalagi buat yang punya tempat usaha seperti warung atau toko. Jika tidak punya, Anda bisa membeli HP Android bekasan yang murah di pasar HP.

Sebab harganya pasti masih lebih murah ketimbang membeli kamera CCTV yang baru, toh fungsinya nanti akan sama saja.

Tapi perlu diingat pilih HP android bekas yang masih bisa berfungsi dengan baik dan memiliki kamera belakang minimal 5MP, jika lebih dari itu tentu hasilnya akan lebih bagus lagi.

Membuat HP Android Jadul Menjadi CCTV

Cara kerja yang akan kita pake sebetulnya cukup mudah dan sederhana. Dengan mengendalikan aplikasi IP Webcam yang diinstall di HP Android.

Maka Anda sudah bisa menyulap HP Android jadul bekasan menjadi kamera CCTV. Simak penjelasann rincinya berikut ini.

  • Download dan Install IP Webcam 1.9.12r yang bisa didapatkan langsung dari Google Play Store.
  • Nantinya melalui aplikasi tersebut Anda akan melihat streaming video yang ditangkap oleh kamera Android yang dijadikan CCTV.
  • Memang Aplikasi IP Webcam punya dua pilihan, ada versi gratis dan berbayar. Namun untuk melakukan eksperimen Anda bisa download versi yang gratis saja.



  • Buka aplikasi IP Webcam, kemudian atur preferensi video, efek, dan beberapa pengaturan lainnya yang nanti ingin ditampilkan oleh kamera.
  • Jangan lupa melakukan register atau daftar untuk mendapatkan username dan paswword login ke aplikasi.
  • Hal tersebut dilakukan supaya Anda dapat menyaksikan tampilan kamera, dan mengawasinya dari manapun Anda berada.
aplikasi-ip-webcam
  • Cara menggunakannya tekan tombol Start Server. Lalu jika anda ingin melihat tampilan kamera, bisa dilihat di browser. Disana terdapat beberapa informasi alamat IP supaya Anda bisa menonton video streaming. 
  • Jika semua pengaturan sudah siap, saatnya Anda menempatkan HP Android yang dibuat untuk CCTV di tempat yang strategis.
  • Perhatikan untuk konsumsi baterai, sebaiknya buat colokan untuk charger yang bisa langsung terhubung ke HP.
  • Berikutnya di tempat lain, agar Anda bisa melihat tampilan dari kamera CCTV yang baru saja dibuat silahkan buka alamat web ini, http://ivideon.com .
  • Login dengan username dan password yang sudah didapat sewaktu mendaftar.
  • Atau dengan cara meng-install aplikasi yang sama pada HP Android lainnya yang biasa Anda gunakan sehari-hari, silahkan login dengan username dan paswword yang sama.
  • Jangan lupa, pastikan HP Android jadul yang dijadikan kamera CCTV selalu terkoneksi dengan jaringan internet.
Bagaimana, cukup mudah bukan, cara membuat kamera CCTV menggunakan HP Android jadul yang sudah tidak dipakai tetapi masih bisa berfungsi dengan normal. Penasaran ingin mencobanya? Selamat bereksperimen, semoga berhasil dan memuaskan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Kamera CCTV Pake HP Jadul"

Post a Comment