Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Flash Mengatasi Evercoss A7F Bootloop


Softbrick atau lebih dikenal dengan istilah bootloop merupakan suatu kondisi HP saat dihidupkan mentok hanya sampai muncul logo logo saja. Bootloop pada smartphone Android bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Misalnya terlalu banyak menginstall aplikasi seperti game online atau aplikasi lain yang memakai kapasitas memori  cukup besar, hal itu juga bisa menjadi salah satu penyebab HP sering mengalami hang atau error karena terlalu berat saat meload aplikasi-aplikasi tersebut.

firmware-evercoss-a7f

Apabila kodisi demikian sering terjadi dan dibiarkan saja, maka lama kelamaan HP kamu bisa mengalami softbrick atau bootloop. Sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang memakai memori cukup besar agar kinerja handphone kamu lebih ringan.

Bootloop bisa juga disebabkan akibat mengganti firmware asli pabrikan dengan custom rom yang tidak cocok dengan perangkat keras ponsel. Alasan kedua ini cenderung lebih sering menjadi faktor penyebab terjadinya bootloop pada HP Android termasuk evercoss A7F.

Untuk mengatasi bootloop Evercoss A7F yang disebabkan karena masalah software, bisa dengan cara di flash ulang menggunakan firmware asli bawaan pabrik. Kecuali bootloop tersebut disebabkan karena rusaknya EMMC, tentu saja itu harus dilakukan penggantian oleh teknisi ahli.

Flash Evercoss A7F Menggunakan Smart Phone FlashTool

  • Ekstrak semua file hasil download, sebaiknya tempatkan pada satu folder untuk memudahkan pekerjaan. Install dulu driver evercoss A7F, lalu koneksikan HP hingga windows selesai menginstall driver.
  • Jika sudah matikan HP dan buka SP FlashTool. Klik pada menu Scatter dan arahkan ke folder stock firmware evercoss A7F yang sudah di ekstrak.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Download
evercoss-a7f-bootloop
  • Hubungkan kabel data dari komputer dengan HP sambil menekan tombol volume bawah.
  • Tunggu hingga proses flash selesai, diandai dengan munculnya popup OK dengan tanda ceklis hijau.
Jika berhasil, seharusnya HP Evercoss A7F kamu sudah kembali normal lagi. Untuk booting pertama setelah di flash membutuhkan waktu agak lama, tunggu saja dengan sabar.  CATATAN PENTING! Admin tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang dialami selama menjalankan proses flash. Jika kamu pemula sebaiknya konsultasi dengan teknisi  yang lebih ahli dalam soal flash. Selamat mencoba.

0 Komentar untuk " Cara Flash Mengatasi Evercoss A7F Bootloop "

Back To Top