Update Gingerbread Samsung Galaxy 5 GT-I5503

update-gingerbread-samsung-gt-i5503

Update Gingerbread Samsung Galaxy 5 GT-I5503. Jika berbicara soal perkembangan Android hingga saat ini jelas sudah jauh lebih canggih. Semakin banyak bermunculan smartphone Android baru dilengkapi dengan beragam kecanggihan teknologi modern. Fitur-fitur Android terkini menggunakan teknologi canggih, dari mulai tampilannya yang smart hingga kapasitas RAM dan Memori internal yang sangat besar, sehingga mumpuni digunakan untuk bekerja dengan beragam aplikasi terbaru yang membutuhkan dukungan perangkat keras modern.

Namun jika kita berbicara perkembangan pengguna Android di daerah seperti di kota-kota kecil, pesatnya perkembangan teknologi Android ini masih terbentur dengan faktor ekonomi. Mungkin untuk masyarakat di daerah hanya beberapa dari mereka saja yang bisa menikmati kecanggihan dan kemajuan teknologi Android. Sebab semakin canggih fitur-fitur yang dihadirkan pada sebuah ponsel pintar, tentu harganya juga akan semakin mahal, dan tidak semua orang mampu membelinya.

Seperti yang ingin saya bahas berikut tentang cara update Android Samsung Galaxy 5 GT-I5503 dari versi yang terakhirnya 2.2 Froyo menjadi Android 2.3 Gingerbread. Sebetulnya last update yang dikeluarkan Samsung untuk Galaxy 5 GT-I5503 ini hanya sampai Froyo yaitu Android 2.2. Tetapi seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tidak sedikit masyarakat yang ingin ikut menikmati perkembangan Android namun terbentur pada faktor ekonomi.
 
Sehingga mereka hanya mampu membeli Android dengan harga yang terjangkau, namun berkeinginan supaya bisa ikut menikmati perkembangan kemajuan Android seperti tetap ingin bisa BBM-an dengan Android yang dimilikinya. Kita tahu sejak 2013 lalu Android memang bisa digunakan untuk BBM-an.

Namun sayangnya aplikasi blackberry messenger yang dikeluarkan oleh RIM tersebut hanya support untuk Android tertentu saja. Maka bagi mereka yang memiliki ponsel Android dan OS-nya di bawah standar, tentu harus melakukan beberapa perubahan sendiri pada ponselnya tersebut. Seperti menggunakan OS Android dari pihak ketiga.
 
Demikian juga pada Samsung Galaxy 5 GT-I5503, karena update terakhir yang diberikan Samsung hanya sampai di versi Android 2.2, tentu tidak bisa mendownload dan menginstall aplikasi BBM dari Play Store. Untuk itu androidnya perlu di upgrade terlebih dulu menjadi versi 2.3 Gingerbread yang bisa didapatkan dari developer pihak ketiga.

Kebetulan beberapa hari lalu ada pelanggan pemilik Samsung Galaxy Gt-I5503 yang meminta bantuan saya supaya ponsel Android tersebut bisa digunakan untuk BBM-an. Akhirnya saya memutuskan untuk upgrade Android Galaxy 5 tersebut menjadi Gingerbread.
 
Ternyata berhasil, setelah Android Samsung Galaxy 5 tersebut diganti menjadi 2.3 Gingerbread bisa digunakan untuk BBM-an. Bagi siapa saja yang mungkin memiliki ponsel yang sama dan ingin bisa menggunakan aplikasi blackberry messenger, silahkan simak cara lengkapnya berikut bagaimana cara update Samsung Galaxy GT-I5503 menjadi Android 2.3 Gingerbread.

Android 2.3 Gingerbread Untuk Samsung Galaxy GT-I5503
  • Persiapkan kabel data untuk Samsung Galaxy 5 GT-i5503
  • Download beberapa file utama yang diperlukan
  1. Odin Multi Downloader v4.28
  2. CWM Recovery CM7
  3. File Update Cyanogenmod 7.1
  4. Gapps gb signed
  • Setelah semua file yang dibutuhkan tersedia, untuk lebih mudah ekstak semua file yang sudah di download satukan saja semua file di dalam satu folder.
  • Pastika terlebih dulu menginstall Samsung driver mobile phone.
  • Sebelum melakukan update pastikan untuk menyalin file "Update-cm-7.1" dan "gapps-gb-signed.zip" ke dalam SD Card di ponsel Samsung GT-I5503.
  • Jika sudah. buka ODIN klik pada menu OPS dan masukkan file ERO-GT-I5503-v1.0.ops.
  • Pastikan ceklis di bagian "One Package", lalu di menu OPS Package masukkan file ClockworkMod-v0.4.
  • Setelah semuanya dipastikan benar, untuk melanjutkan proses upgrade klik tombol "Start".
update-samsung-galaxy-gt-i5503-menjadi-gingerbread
  • Tunggu hingga ponsel restart sendiri dan secara otomastis akan masuk ke mode CWM Recovery.
  • Gunakan tombol volume atas atau bawah untuk berpindah pilihan di dalam CWM, pilih "wipe data/factory reset", lalu pilih "Yes, delete all user data".
  • Berikutnya kembali ke menu CWM pilih "wipe cache partition", lalu pilih "Yes wipe cache".
update-samsung-galaxy-gt-i5503-menjadi-gingerbread
  • Tahap selanjutnya masih di menu CWM pilih "Install zip from sdcard", lalu pilih "choose zip from sdcard".
  • Selanjutnya pilih "update-cm-7.1" yang sebelumnya sudah di copy ke sdcard, dan tunggu hingga proses installasi Cyanogenmod7 selesai.
update-samsung-galaxy-gt-i5503-menjadi-gingerbread
  • Terakhir adalah menginstall Google aplikasi sebab Cyanogen tidak menyediakan aplikasi tersebut di dalamnya, jadi kita harus menginstall Gapp secara manual, beberapa aplikasi diantaranya yang ada di dalam gapp seperti Google mail, Play Store, dll.
  • Kembali ke menu awal CWM, pilih "install zip from sdcard", pilih "choose zip from sdcard" kemudian pilih "gapps-gb-signed"
  • Setelah selesai pilih "reebot system now".
  • Sampai disini tahap cara upgrade Samsung Galaxy 5 GT-I5503 menjadi Android 2.3 Gingerbread selesai. Terakhir tinggal install aplikasi BBM. Bisa langsung download di Play Store atau di install secara manual. Jika ingin menginstall aplikasi blackberry messenger secara manual, download filenya dan pindahkan ke sdcar, lalu buka file manager dan install secara manual.
update-samsung-galaxy-gt-i5503-menjadi-gingerbread
Untuk Android 2.3 Gingerbread versi Cyanogenmod7 ini dari tes yang saya lakukan sendiri di Samsung Galaxy GT-I5503 cukup stabil. Aplikasi penting seperti kamera, wifi, dan bluetooth berfungsi dengan baik. Buat temen-temen pengguna samsung galaxy 5 yang ingin bisa BBM-an bisa menggunakan Cyanogenmod versi 7.1 ini.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Update Gingerbread Samsung Galaxy 5 GT-I5503"

    Post a Comment