Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Reset BIOS Komputer


Cara Reset BIOS Komputer. Pernahkah anda mendengar tentang reset BIOS? Atau mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa harus dilakukan reset BIOS pada komputer maupun laptop. Biasanya reset tersebut dilakukan apabila pengguna lupa password atau juga sebab komputer hang yang disebabkan oleh banyak faktor.

Kondisi perangkat komputer mengalami hang bisa diakibatkan dengan adanya kerusakan pada komponen atau hardware seperti vga card yang rusak, memori RAM, bisa juga dari faktor lainnya seperti settingan overclock yang tidak stabil.

Oleh sebab itu, maka dengan cara melakukan reset BIOS ini diharapkan permasalahan tersebut bisa diatasi sehingga komputer atau laptop bisa digunakan dan berjalan kembali sebagaimana harusnya. Dibawah ini akan coba saya jelaskan bagaimana cara reset BIOS tersebut.

Cara Reset BIOS Komputer

  1. Lepaskan komputer dari sumber listrik dan cabut kabel power dari stop kontak bila perlu silakan cabut juga kabel power 24 pin yang terhubung dari motherboard komputer ke PS.
  2. Tunggu beberapa saat supaya arus listrik benar-benar hilang dari motherboard. Untuk mempercepatnya Anda dapat menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini dimaksudnya untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer seperti pada condensator electrolit dan pada komponen lainnya pada motherboard.
  3. Di dalam motherboard cari tombol atau jumper dengan tulisan CLR CMOS. Biasanya ada dekat dengan baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini terdiri dari 2 jenis yaitu ada yang menggunakan 2 pin atau 3 pin.
  4. Apabila menggunakan tombol, silahkan anda tekan tombol clearnya. Namun, jika tipe jumper 3 pin, sialkan Anda pindahkan posisi jamper ke sisi lainnnya. Untuk tipe jumper dengan 2 pin, Anda cukup menjumper kedua pin tersebut, dan jika tidak memiliki jumper Anda dapat menghubungkan kedua pin memakai obeng standar, intinya supaya kedua pin terhubung. Lalu tunggu beberapa saat.
  5. KemudianJika sudah kembalikan posisi jumper ke posisi semula. Cabut jumper untuk tipe 2 pin dan kembalikan jumper ke tempat sebelumnya untuk yang menggunakan 3 pin.
  6. Setelah itu silahkan pasang kembali kabel power suppler 24 pin ke motherboard, lalu hubungkan kembali kabel power ke stop kontak. Coba hidupkan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default. Jika masih belum berhasil silakan ulangi cara diatas.

Itulah beberapa langkah mudah bagaimana cara melakukan reset BIOS untuk mengatasi komputer yang hang karena overcloking atapun mungkin karena settingan BIOS yang salah atau tidak tepat. Semoga saja posting ini bisa membantu dan bermanpaat.


Back To Top