Cara Memperbaiki Keyboard Komputer

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang boleh dibilang paling mempunyai peran sangat penting pada Laptop maupun komputer biasa. Tetapi terkadang setelah digunakan dalam janga waktu yang cukup lama keyboard ini sering mengalami gangguan atau yang disebut "error". Kerusakan pada keyboard bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa memang karena sudah terlalu lama digunakan tau juga karena faktor lain seperti kemasukan air, dsb.


Keyboard sebagai perangkat penting berfungsi menyampaikan perintah yang dikirim ke prosesor atau CPU. Oleh sebab itu maka kerusakan pada keyboard ini tentu akan sangat menggangu kerja dari perangkat komputer itu sendiri. Meskipun jika anda menggunakan Windows anda masih bisa menggunakan software " On- Screen Keyboard" yang bisa mengganti fungi keyboard ini, akan tetapi untuk menggunakannya bagi yang tidak terbiasa tentulah akan menjadi sulit karena untuk mengetiknya harus menggunakan klik dengan mouse.

Jika anda mengalami kendala pada keyboard seperti beberapa tombol tidak berfungsi, atau bahkan keyborad tidak terdeteksi oleh komputer, sebaiknya coba beberapa cara dibawah ini.
  • Gunakan software yang bisa mendeteksi kerusakan pada tombol yang ada pada keyboard. Nama software ini "Pas MARK Key Test Keyboard".  Install dan jalankan programnya, kemudaian klik semua tombol pad keyboard, untuk tombol yang tidak berfungsi nanti akan ketahuan. Untuk menggunakan software keyboard test ini Anda bisa mendownloadnya pada link dibawah artikel ini.


memperbaiki-keyboard-komputer

  • Langkah berikutnya matikan komputer lakukan pengecekan ulang barangkali kabel putus atau keyboard belum terhubung dengan benar. Bisa saja pemasangannya terbalik atau anda salah mencolokannya ke bagian Mouse. Jika sudah hidupkan kembali komputer, jika masih tidak terdeteksi kemungkinan keyboard telah rusak.
  • Tombol keyboard Error. Gunakan vacum cleaner lalu bersihkan debu yang menempel pada keyboard bisa juga anda gunakan kuas kecil yang lembut.

Apabila semua cara di atas tidak membantu karena kondisi kerusakan keyboar yang mungkin sudah cukup parah. Tentu tidak ada cara lain kecuali anda harus menggatinya dengan membeli keyboard yang baru. Sebetulnya untuk keyboard yang biasa harganya dipasaran memang cukup murah jika dibandingkan dengan banyak fungsinya. Untuk keyboard biasa yang standar paling harga keyboard ini berkisar antara 25/30 ribu rupiah.

Tapi untuk keyboard pada Laptop atau Notebook harga keyboard mencapai ratusan ribu. Untuk yang mengalami error atau kerusakan keyboard pada Laptop/Notebook sebaiknya lakukan dengan sangat hati-hati.

Subscribe to receive free email updates: