Cara Setting Modem Speedy Terbaru

Cara setting modem Speedy terbaru. Meskipun pada umumnya setting modem speedy ini lebih sering dilakukan oleh petugas dari Telkom, tetapi toh tidak ada salahnya jika saya ingin berbagi tips komputer tentang bagaimana cara setting modem Speedy Telkom.

Ketika jaringan internet di rumah ataupun di kantor yang menggunakan jaringan Telkom Speedy anda mengalami gangguan, biasanya hal pertama yang dilakukan adalah menghubungi petugas jaringan terdekat, atau meminta bantuan kepasa teknisi atau orang yang mengerti cara memperbaiki gangguan pada jaringan Telkom Speedy.


setting-modem-speedy


Yang sering jadi masalah adalah pada saat anda membutuhkan jaringan internet segera bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan, tetapi ternyata karena banyaknya pelanggan sehingga petugas dari Telkom tidak segera datang memperbaiki. Akhirnya harus menunggu cukup lama, bahkan jika mereka terlalu sibuk anda bisa menunggu samapi 2-3 hari. Cukup merepotkan juga bukan?

Oleh sebab itu, untuk anda yang menggunakan jaringan internet Telkom Speedy dan sering mengalami gangguan sebaiknya belajar bagaimana cara setting modem Speedy jika petugas tidak bisa datang segera untuk memperbaikinya. Setting pada modem speedy ini dilakukan jika anda mengganti modem dengan yang baru, ataupun modem di reset.

Hal penting yang harus anda ketahui dan anda tanyakan kepada petugas Telkoms pada saat pemasangan pertama speedy adalah;
  1. user modem dan password modem
  2. Nomer speedy dan password speedy anda
Simpan semua data penting tersebut dalam komputer anda, atau bisa anda tulis dan disimpan di tempat yang mudah dicari. Ini penting untuk melakukan setting ulang pada saat modem ada gangguan dan harus di reset, atau pada saat anda mengganti modem dengan yang baru. Jika data penting tersebut anda miliki maka anda bisa melakukan setting modem speedy sendiri. Caranya cukup mudah.

  • Pastikan Modem terkoneksi dengan kabel jaringan Telkom dan juga terhubung ke komputer.
  • Setelah semua lampu panel pada modem menyala semua, terutama DSL dan Internet. Jika DSL sudah menyala kuning tetapi Internet masih meneyala merah, itu tandanya modem belum terhubung dengan jaringan Telkom Speedy. Biasanya harus dilakukan setting dengan memasukkan nomer speedy dan password.
  • Buka browser anda, bisa gunakan Internet Explorer ataupun Mozila Firefox
  • pada addres url ketikan: 192.168.1.254 lalu Enter

  • Lalu akan tampil tab login untuk masuk ke setting modem


  • Masukan user Name dan password lalu klik OK. Maka jika data login anda benar akan masuk ke settingan modem speedy. Seperti gambar berikut.


  • Klik pada menu Internet dan klik pilih PVC1. Pastikan pada kotak status VPI terisi angaka 8 dan pada kotak VCI diisi dengan angka 81.
  • Lanjutkan ke bawah isi kolom username dengan nomor speedy anda, dan pada kotak password isi dengan password speedy. Ingat! password bukan password modem tapi password speedy.
  • Jika semua sudah diisi dengan benar lanjutkan ke bawah dan klik SAVE untuk menyimpan settingan.
  • Langkah berikutnya anda klik menu Wireless untuk melakukan setting Wifi dan password wifi.



  • Anda tidak perlu merubah setting yang lain disini, cukup memberi nama wifi sesuai keinginan anda. Isikan nama wifi pada kotak pilihan SSID.
  • Lalu pada Authentication Type pilih WPA2-PSK.
  • Selanjutnya ke bawah pada kotak Pre-Shared Key isikan passwor untuk wifi sesuai yang anda inginkan, passwordnya boleh apa saja.
  • Jika semuanya sudah dilakukan dengan benar kemudian scroll ke bawah dan klik SAVE untuk menyimpan settingan Wifi.
  • Selesai. Tutup browser anda. Apabila semua setting yang dilakukan sudah benar, seharusnya Internet sudah bisa terkoneksi dan bisa digunakan. Tanda sukses pada settingan yaitu semua lampu pada modem menyala dengan warna kuning. Utamanya DSL dan Internet harus dipastikan menyala dengan warna kuning.

Demikian bagaimana cara setting Telkom Speedy yang sebetulnya dapat dilakukan sediri jika jaringan mengalami gangguan ataupun jika anda mengganti modem dengan yang baru. Atu jika modem anda reset. Selamat mencoba, semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: