Belajar Komputer, Software, dan Android

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Mati Sendiri Atau Restart


Cara memperbaiki Komputer yang sering mati sendiri. Sering ditemukan masalah pada komputer yang sering mati sendiri, atau ketika dihidupkan tidak lama komputer terus mati. Kejadian seperti itu terkadang berulang-ulang. Sebagian orang menyebutnya komputer sering restart. Penyebab masalah komputer sering mati atau mati sendiri, sebenarnya bisa bermacam-macam. Tetapi kali ini saya ingin membahas satu penyebabnya saja.

Dari kebanyakan kasus pada perangkat komputer yang sering mati sendiri atau restart ini biasanya di akibatkan karena memori atau DRAM, DDR kotor terkena debu, sehingga aliran arus listrik dari CPU ke memori atau sebaliknya tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan memori RAM ini menjadi tidak stabil. Bisa juga memori memang telah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Tetapi untuk memastikan apakah memori ini benar-benar rusak atau hanya kotor saja karena terkena debu, sebaiknya silahkan anda buka dan bersihkan dengan kuas atau tisu kering. Terkadang kebanyakan pengguna komputer tidak mengetahui hal ini. Begitu komputernya mati biasanya segera dibawa ke servis atau telpon ahli servis yang sudah menjadi langganan. Jika anda memang sibuk cara itu ya mungkin lebih baik, apalagi jika anda tidak mau ribet sebab tidak paham soal Hardware Komputer.

Namun bagi anda yang punya banyak waktu luang dan ingin mencobanya sendiri itu saya rasa akan lebih baik. Jika nanti komputer hidup lagi berarti anda tidak perlu membayar tukang servis komputer bukan? Artinya anda bisa sedikit menghemat uang anda, sebab reparasi komputer biasanya membutuhkan biaya yang cukup lumayan.

Kalau mau ingin mencobanya sendiri silahkan ikuti tips berikut ini, tentang bagaimana cara memperbaiki komputer yang sering mati sendiri, atau bahkan mungkin untuk komputer yang sudah lama mati dan anda tidak tahu apa penyebabnya.

  • Pertama lepaskan semua kabel yang terhubung dengan CPU. Apakah itu kabel power, mouse, keyboard, sound pokonya semuanya dicabut dulu.
  • Kemudian buka penutup kesing CPU, bila ternyata di dalam CPU penuh debu seperti banyak sarang laba-laba, biasanya kalo sudah lama tidak dibuka seperti itu. Bersihkan menggunakan kuas, atau jika punya semprot agar bersih dari semua debu dan kotoran lain.

cara-memperbaiki-komputer-yang-mati

  • Berikutnya cabut memori baik itu DRAM, RAM, atau DD. Keluarkan dan bersihkan dengan menggunakan kuas lembut yang kering, bisa juga gunakan Tissue, atau kain halus yang kering.

Baca : # Cara Menambahkan RAM Dengan Flashdisk

  • Kalau sudah masukan kembali memori ke Slot memori, dan pastikan memasukan memori ke dalam Slot jangan sampai terbalik. Masukkan dan tekan sampai di kedua ujung slot terkunci.
  • Selanjutnya hubungkan kembali  CPU dengan kabel power dan juga  ke Monitor untuk cek apakah komputer bisa hidup kembali atau tidak.
  • Jika ternyata komputer bisa hidup kembali berarti RAM atau memorinya yang kotor disebabkan debu yang masuk. 
  • Tetapi jika ternyata masih belum bisa hidup, jika anda punya memori lain coba diganti dengan memori lainnya. Catatan harus sama, kalau memorinya DDR1 misalnya penggantinya harus yang sama juga.
  • Kalau diganti dengan memori yang ada masih belum bisa mun gkin anda harus membeli memori yang baru.

Biasanya jika kendalanya hanya kotor saja, komputer bisa hidup kembali seperti biasanya. Ini kelihatannya hal spele, tetapi dari pengalaman saya selama servis komputer kebanyakan masalah inilah yang lebih sering terjadi. Meskipun memang masih banyak penyebab lain yang membuat komputer anda mati atau sering restart. Tetapi untuk penyebab yang lain tidak akan saya bahas dalam tulisan kali ini.


0 Komentar untuk " Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Mati Sendiri Atau Restart "

Back To Top