Cara Mengunci Folder Dengan CMD

Cara mengunci folder dengan CMD windows. Tidak disangkal bagi mereka pengguna Komputer ataupun Laptop terkadang mempunyai data atau file yang bersipat pribadi. Jika anda adalah orang yang mempunyai banyak file pribadi dan ingin menguncinya supaya tidak bisa dibuka oleh orang lain, ada cara yang sebetulnya cukup sederhana. Yaitu menggunakan Command Prompt milik windows.

Cara ini masih bisa dibilang cukup aman digunakan, karena pengguna PC kebanyakan tidak atau belum mengetahuinya. Jika komputer yang digunakan hanya dipake oleh orang-orang atau rekan kerja yang menggunakan komputer hanya seperlunya saja untuk kepentingan pekerjaan, saya pikir cara mengunci folder dengan cara ini tergolong aman digunakan. Terkecuali jika rekan kerja atau orang yang menggunakan komputer tersebut adalah seorang teknisi atau mereka yang suka otak atik komputer, mungkin mereka bisa saja tau cara bagaimana membukanya.


cara-kunci-folder

Kunci folder menggunakan CMD ini bisa digunakan tanpa memerlukan aplikasi ataupun installasi. Cukup membuka CMD, caranya klik Start Menu lalu klik Run dan ketik cmd, maka akan keluar Command Prompt dan ketikan perintah berikut ini.

Untuk mengunci Folder gunakan perintah : cacls g:\nama folder /d everyone lalu tekan Enter. Jangan lupa perhatikan di drive mana folder yang ingin anda kunci berada. Nama drive harus benar setelah perintah "cacls".

kunci-folder

Saya contohkan mengunci sebuah folder bernama contoh yang letaknya berada di drive D pada komputer yang saya gunakan. Jika perintah yang dilakukan benar maka pada saat folder di klik untuk di buka akan muncul pesan "Acces is Denied" seperti terlihat pada gambar dibawah.

folder-terkunci

Untuk membuka kuncinya gunakan perintah : cacls g:\nama folder /g everyone:f  lalu tekan Enter. Caranya sama seperti langkah pertama di atas.

buka-kunci-folder


Demikian bagaimana cara mengunci folder dengan cara sederhana, yang bisa digunakan di komputer atau laptop yang menggunakan system operasi Windows. Cara yang dijelaskan berguna bagi Anda untuk mengunci folder yang berisi data atau file yang bersipat pribadi. Caranya cukup mudah bukan? Jangan lupa baca juga bagaimana cara melindungi file dengan password menggunakan winrar. Selamat mencoba, semoga berguna dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengunci Folder Dengan CMD"

Post a Comment